kebudayaan yang ada di Jepang

moshi moshi konnichiwa

Disini ane mau ngeshare ne sama agan semua tentang JEPANG, mungkin akan ada banyak post-post ane tentang jepang mulai dari kebudayaannya, kuliner-kuliner enak yang ada di Jepang, temapat wisata, teknologi, bahasa, kesenian, festival-festival, dan juga sejarahnya.

Sebelum lanjut ne ane mau memperkenalkan diri ane dulu, nama ane Achmad Sauqy lahir tahun 1994 sekarang sedang melanjutkan kuliah jurusan SI, gak usah basa basi lagi lanjut aja ne sekarang ane mau ngasi tau sma agan-agan semua kebudayaan apa aja yang ada di Jepang negeri matahari terbit dengan dewanya yang di sebaut dewa Amaterasu.

  1. KEBUDAYAAN

Ini sebagian dari sekian banyak kebudayaan-kebudayaan yang ada di jepang.

  • Kabuki, teater klasik di Jepang. ciri khas teater ini adalah irama pemainnya yang khas banget, kostum yang mewah dan dandanannya mencolok banget (dalam bahasa Jepang disebutnya kumadori). yang unik dari teater ini adalah, semua pemainnya perempuan walaupun peranan di lakonnya laki-laki.

Image

  • Kimono dan Yukata, pakaian tradisional orang Jepang. kalau kita lagi berkunjung ke Jepang kita bisa bedain deh mana yang beneran kimono asli dan mana yang cuma sekedar kimono”an. kalau ada perempuan yang pake kimono teksturnya indah dan bahannya rumit, plus bahannya keliatan berat dan ribet gak diragukan lagi deh status sosialnya karena kimono jenis ini hanya orang tertentu aja yang bisa punya mengingat harganya bisa sampe puluhan juta.

Image

  • Ikebana, seni merangkai bunga di Jepang yang sangat terkenal namun seiring perkembangan zaman seni merangkai bunga ini sudah meluas ke seluruh dunia. kabarnya seni ini memiliki aliran yang beranekaragam jenisnya, bunga yang tadinya tampak biasa menjadi luar biasa cantik jika sudah disentuh teknik Ikebana.

Image

  • Matsuriadalah kata dalam bahasa Jepang yang menurut pengertian agama Shinto berarti ritual yang dipersembahkan untuk Kami, sedangkan menurut pengertian sekularisme berarti festival, perayaan atau hari libur perayaan.Matsuri diadakan di banyak tempat di Jepang dan pada umumnya diselenggarakan jinja atau kuil, walaupun ada juga matsuri yang diselenggarakan gereja dan matsuri yang tidak berkaitan dengan institusi keagamaan. Di daerah Kyushu, matsuri yang dilangsungkan pada musim gugur disebut Kunchi.Sebagian besar matsuri diselenggarakan dengan maksud untuk mendoakan keberhasilan tangkapan ikan dan keberhasilan panen (beras, gandum, kacang, jawawut, jagung), kesuksesan dalam bisnis, kesembuhan dan kekebalan terhadap penyakit, keselamatan dari bencana, dan sebagai ucapan terima kasih setelah berhasil dalam menyelesaikan suatu tugas berat. Matsuri juga diadakan untuk merayakan tradisi yang berkaitan dengan pergantian musim atau mendoakan arwah tokoh terkenal. Makna upacara yang dilakukan dan waktu pelaksanaan matsuri beraneka ragam seusai dengan tujuan penyelenggaraan matsuri. Matsuri yang mempunyai tujuan dan maksud yang sama dapat mempunyai makna ritual yang berbeda tergantung pada daerahnya.

    Pada penyelenggaraan matsuri hampir selalu bisa ditemui prosesi atau arak-arakan Mikoshi, Dashi (Danjiri) dan Yatai yang semuanya merupakan nama-nama kendaraan berisi Kami atau objek pemujaan. Pada matsuri juga bisa dijumpai Chigo (anak kecil dalam prosesi), Miko (anak gadis pelaksana ritual), Tekomai (laki-laki berpakaian wanita), Hayashi (musik khas matsuri), penari, peserta dan penonton yang berdandan dan berpakaian bagus, dan pasar kaget beraneka macam makanan dan permainan.

Image

  • Bunraku, yang populer akhir abad ke-16. merupakan jenis teater boneka yang dimainkan dengan iringan nyanyian bercerita dan musik yang dimainkan dengan shamisen (alat musik petik berdawai tiga). Bunraku dikenal sebagai salah satu bentuk teater boneka yang paling halus di dunia.
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: